Saturday, November 19, 2016

Air Terjun Terindah di Indonesia


By on 3:12 PM


1. Air Terjun Sigura Gura, Medan, Sumatra Utara
Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 250 meter, air terjun ini mengalahkan air terjun lainnya seperti air terjun Madakaripura yang memiliki tinggi 200 meter atau air terjun Payakumbuh di Sumatera Barat yang memiliki tinggi  150 meter.
Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, maka tak heran jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang juga datang ke danau Toba. Sumber air terjun ini berasal dari danau Toba, mengalir ke sungai Asahan dan kemudian menjadi air terjun Sigura gura. Karena tingginya air terjun ini, dentuman suara yang dihasilkan oleh jatuhnya air masih tetap bisa terdengar dari kejauhan.
Air terjun ini dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin. Nuansa hutan rimba yang alami pun akan menyambut sobat ketika memasuki kawasan ini, beberapa pepohonan khas dataran tinggi tampak tumbuh dan menghiasi panorama di sekitar objek wisata air terjun ini.

2. Air Terjun Madakaripura,Probolinggo, Jawa Timur
Berkunjung ke Jawa Timur kurang lengkap rasanya jika tidak melihat air terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Air Terjun Madakaripura menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain karena keindahannya, air terjun ini juga ramai dikunjungi karena berkaitan dengan legenda Mahapatih Gajah Mada yang termasyhur di jaman keemasan Majapahit.
Sejarah mengatakan bahwa air terjun Madakaripura menjadi tempat bertapanya sang Mahapatih Gajah Mada. Tidak mengherankan jika anda akan menemukan patung Mahapatih Gajah Mada menyambut anda saat anda mengunjungi air terjun ini. Dibalik derasnya aliran air terjun, terdapat gua yang menjadi lokasi bertapa sang Mahapatih. Anda bisa mencapainya jika menyelam dari dasar kolam yang cukup dalam.

3. Air Terjun Lawean, Tulung Agung, Jawa Timur
Air terjun ini berlokasi sekitar 25 kilometer dari kota Tulungagung, Jawa Timur. Tepatnya berada di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang. Air terjun Lawean merupakan bagian dari lereng gunung Wilis, berada di 1200 meter diatas permukaan laut.
Butuh perjuangan yang cukup berat untuk bisa mencapai air terjun ini. Pengunjung harus berjalan kaki sejauh 3 kilometer, melewati hijaunya pemandangan perbukitan dan menyeberangi sungai 9 kali. Perjalanan yang melelahkan akan langsung sirna ketika pengunjung melihat keindahan pemandangan air terjun Lawean ini.
Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari air terjun Lawean terdapat ait terjun lain yang lebih rendah yaitu air terjun Pandan Wangi yang tak kalah mempesona, juga Candi Penampehan yang letaknya juga tidak jauh. Pastikan anda mengunjungi kedua lokasi wisata tersebut saat anda berkunjung ke air terjun Lawean.

4. Air Terjun Payakumbuh, Lembah Harau, Sumatra Barat
Air terjun ini terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Berada di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah.
Daerah wisata Harau yang didalamnya termasuk air terjun Payakumbuh terbilang cukup lengkap. Sejak anda memasuki kawasan Wisata Harau, anda akan melihat pesona dari jurang,tebing disertai dengan beberapa gua, dan air terjun. Jangan lupa juga berkunjung ke cagar alam tempat konservasi untuk beberapa hewan langka yang dilindungi seperti Burung Kuau,  Monyet Ekor Panjang, Harimau Sumatra, Siamang, Landak, Beruang, Tapir dan beberapa hewan langka lainnya.
Kawasan wisata Harau terbagi menjadi 2 wilayah yaitu Akar Berayun dan Sarasah Bunta. Pada Akar Berayun terdapat fasilitas lengkap untuk wisatawan dan pengunjung yang ingin berkemah. Terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang, kawasan perkemahan, jalan setapak yang bisa dilalui untuk hiking, juga resort beserta cottage. Wilayah Sarasah Bunta lebih cocok untuk anda yang menyukai suasana lebih alami karena pada wilayah ini terdapat 5 air terjun dengan kolam penampungan air yang masih alami dengan pemandangan indahnya yang masih asri.

5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok
Pada umumnya, pulau Lombok dikenal akan keindahan daerah wisata Gunung Rinjani yang dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun jangan salah, di Lombok juga terdapat sebuah air terjun yang memiliki nama Sendang Gile yang mana aliran air terjunnya berasal dari Gunung Rinjani.
Air terjun Sendang Gile terletak di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Kecamatan Bayan. Anda bisa mencapai air terjun ini dengan melewati 500 anak tangga yang akan terbayar dengan indahnya air terjun ini. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter sehingga anda bisa mencoba terjun dari atas dan merasakan langsung titik jatuhnya air dari ketinggian tersebut.

6. Air Terjun Grojogan Sewu, Karang anyar, Jawa Tengah
Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.
Berdasarkan namanya, Grojogan Sewu berarti air terjun seribu meskipun jumlahnya tidak sampai seribu air terjun. Namun jangan salah, ada beberapa air terjun yang keindahannya bisa anda nikmati. Yang paling tinggi memiliki ketinggian 80 meter, ada juga air terjun yang cukup rendah namun memiliki ciri khas pancuran yang meluas dan memiliki cabang-cabang. Pada musim kemarau atau musim kering, banyak air terjun yang terlihat kering. Namun saat musim hujan tiba, sekeliling tebing disana akan dihujani air terjun.
Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

7. Air Terjun Curug Cipendok, Purwokerto, Jawa Tengah
Curug Cipendok adalah air terjun dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.
Daya tarik objek wisata ini adalah telaga dengan air yang cukup jernih dan di sekitarnya dikelilingi hutan yang masih alami. Selain itu, wisatawan juga dapat mendengar suara-suara burung langka seperti elang Jawa yang terbang berputar-putar di atas telaga. Apalagi, bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat spesies endemik sejenis monyet berwarna abu-abu yakni rek-rek.

8. Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul, Yogyakarta
Air terjun Sri Gethuk yang berada di wilayah Gunungkidul. Air terjun ini terletak di Padukuhan Menggoran yang letaknya juga cukup dekat dengan lokasi wisata Gua Rancang Kencono. Yang unik dari air terjun Sri Gethuk adalah, air terjun ini bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing karst yang gersang seperti yang terlihat pada gambar.
Air terjun dengan ketinggian 80 meter ini mendapatkan nama Sri Gethuk atau Sri Ketuk berdasarkan kepercayaan yang beredar di masyarakat. Pada masa lalu, ditempat tersebut sering terdengar alunan suara gamelan yang dipercaya adalah milik Angga Mendura, raja jin Slempret.

9. Air Terjun Dua Warna, Deliserdang, Sumatra Utara
Sumatera Utara memang memiliki banyak objek wisata yang menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah air terjun dua warna yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Dari namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan bening.  Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.
Untuk mencapai air terjun ini, dibutuhkan perjuangan yang cukup keras karena pengunjung harus berjalan menembus hutan yang rimbun sebelum mencapai lokasi air terjun. Medan perjalanannya pun cukup menyulitkan, mulai dari tanjakan, turunan, hingga jurang yang akan menguras stamina anda. Namun setelah anda tiba di lokasi air terjun dua warna, rasa lelah anda akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan di air terjun dua warna.
Air terjunnya tinggi, berwarna kebiruan, dingin dan segar, seolah mengucapkan selamat datang, serta menjadi obat penghilang lelah. Dijamin Anda akan berlama-lama untuk bermain air di air terjun dua warna ini.

10. Air Terjun Sipiso Piso, Karo, Sumatera Utara
Air Terjun Sipiso Piso adalah sebuah air terjun yang berada pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut dan memiliki vegetasi yang didominasi oleh hutan pinus. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Sipiso Piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 120 meter. Letak ketinggian air terjun ini 800 meter diatas permukaan laut sehingga tumbuhan di kawasan tersebut didominasi oleh hutan pinus.
Nama Sipiso Piso berasal dari kata Pisau karena penduduk melihat jatuhnya air dari ketinggian 120 meter seperti pisau yang tajam. Jika anda berkunjung ke kawasan wisata danau Toba, disarankan anda juga mengunjungi air terjun ini.
Menikmati keindahan air terjun adalah pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Anda tidak harus ke Amerika untuk melihat air terjun Niagara yang Agung atau ke Brazil untuk melihat indahnya air terjun Iguazu. Di tanah air juga banyak terdapat air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso Piso. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Danau Toba. Jadi jika anda kebetulan sedang liburan ke Danau Toba, mengapa tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

11. Air Terjun Curug Citambur, Cianjur, Jawa Barat
Air Terjun Curug Citambur merupakan air terjun yang terletak di desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur atau lebih tepatnya 65 kilometer dari kota Cianjur. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter dan air yang jatuh sebagian menjadi embun dan uap air sehingga wilayah yang berada di sekitar Curug Citambur menjadi sejuk.
Karena hempasan airnya berubah menjadi uap dan embun itu jugalah, pengunjung akan basah jika terlalu mendekati air terjun. Misalnya saja, jika pengunjung mendekati air terjun meskipun itu di jarak 50 meter dari air terjun mereka akan langsung basah kuyup. Jika tidak ingin kebasahan, pengunjung cukup duduk bersantai di tepi air terjun.

12. Air Terjun Moramo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara
Air Terjun Moramo merupakan air terjun yang berjarak 60 kilometer dari kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Air terjun ini berada di kawasan Suaka Alam Suaka Margasatwa Tanjung Peropa dan dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan. Kepercayaan masyarakat setempat mengatakan bahwa air terjun ini adalah tempat pemandian para bidadari.
Berbeda dari kebanyakan air terjun yang telah kami jelaskan, Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat dengan ketinggian sekitar 100 meter. Tingkat atau undakan air terjun ini terdiri dari 7 undakan besar dan sisanya adalah puluhan undakan kecil yang di sisi-sisinya terdapay batu marmer besar yang menambah keindahan pemandangan di kawasan air terjun Moramo.

13. Air Terjun Curug Cimahi, Jawa Barat
Air terjun Curug Cimahi merupakan air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Mengambil nama Curug Cimagi, curug berarti air terjun dan Cimahi diambil dari nama sungai yang mengalir deras diatasnya yaitu sungai Cimahi. Jika sedang beruntung, pengunjung dapat melihat pelangi yang tampak indah di air terjun ini.
Curug Cimahi berasal dari kata curug dan Cimahi. Curug merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti air terjun sedangkan Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang. Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.
Objek wisata alam yang menempati area seluas 2 hektar dan tinggi sekitar 85 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Bandung. Buktinya dari jarak belasan meter, wisatawan sudah bisa melihat penampakan air terjun ini. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat pelangi yang tampak indah di sini.


About Hery Susanto

Berkecimpung di bidang komputer, pemrograman dan design grafis.

0 comments:

Post a Comment