Friday, November 18, 2016

Olahan Makanan dari Singkong


By on 6:42 AM

Singkong atau pohung(:bahasa jawa) adalah jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik meski berada di lahan kering dan sedikit air. Singkong paling sering dimanfaatnya umbinya. Selain itu, daunnya juga enak dimasak.
Kandungan gizi pada singkong cukup banyak. Seperti protein, kaolin, betaine, thiamin, riboflavin, niacin, asam patotenic, pyrodoxin, asam folat, vitamin C, E, A dan K serta gula alam.
Dan yang paling penting, singkong mengandung karbohidrat yang dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi. Selain itu, singkong juga mengandung sejumlah mineral bermanfaat bagi tubuh.
Singkong dapat diolah menjadi berbagai aneka olahan yang menarik. Berikut merupakan berbagai olahan makanan yang terbuat dari singkong :


1. Getuk

Salah satu olahan singkong yang paling populer adalah getuk. getuk dibuat dari singkong yang dikukus lalu ditumbuk atau dihaluskan dan ditambah gula, bumbu dan juga bahan tambahan lain. Ada berbagai variasi getuk yang dapat anda temui, antara lain:
ü  Getuk lindri, dibuat dari singkong, gula pasir dan vanili serta bahan-bahan lain. getuk lindri mempunyai bentuk kecil dan juga warna-warni. Diatasnya biasanya ditaburi parutan kelapa ataupun parutan keju.
ü  Getuk cothot, getuk ini banyak dijumpai di daerah jawa tengah. Membuatnya cukup mudah, ketela yang sudah di masak ditumbuk hingga halus dan ditambah sedikit garam. Lalu dibentuk lonjong-lonjong dengan di dalamnya diberi gula pasir. Lalu goreng dan lebih enak dimakan saat masih panas.
ü  Getuk gulung rainbow, dibuat dari bahan utama singkong, ubi jalar dan mangga. Getuk ini mempunyai tampilan yang cukup menarik.
ü  Getuk trio, merupakan getuk dari Magelang dengan bentuk segi panjang kecil yang mempunyai tiga warna yaitu wana merah muda, putih dan coklat.


2. Keripik singkong

Selain getuk singkong juga dapat diolah menjadi olahan makanan ringan berupa keripik. Keripik singkong mempunyai rasa yang gurih dan renyah serta harganya juga terjangkau. Berikut adalah berbagai variasi keripik singkong.
ü  Ceriping, Keripik tradisional yang mudah ditemui di Jawa Tengah. Singkong yang telah dikukus ditumbuk bersama bumbu dari bawang putih, garam dan bumbu lain. Lalu digulung agar pipih dengan bambu yang berbentuk silinder (seperti membuat pangsit). Bisa dibentuk sesuai selera dan melalui proses pengeringan dengan dijemur. Proses akhir adalah digoreng dengan minyak panas.


3. Emplek (Bakwan Ketela)

Gorengan dari parutan ketela/singkong dan parutan kelapa yang diberi bumbu agar memiliki rasa yang gurih. Bumbu dicampur dengan parutan tersebut dan ditambah irisan daun bawang. Digoreng hingga masak dan dapat untuk lauk dengan nasi seperti halnya bakwan. Kalau di Jawa Timur seperti lentho.


4. Gendolo

Sama halnya seperti emplek dibuat dari parutan ketela/singkong dan kelapa, namun bedanya mempunyai memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasanya yang manis. Bentuknya yang bulat biasa dinikmati selagi hangat.


5. Kolak Singkong

Selain itu ketela juga dapat menjadi olahan berkuah lebih tepatnya diolah menjadi kolak. Sebagai pemanis adalah gula merah atau gula jawa. Selain itu kolak ketela juga dapat dicampur dengan nangka, pisang dan bahan lain. Kuahnya juga dapat dari bahan susu.


6. Tiwul

Tiwul ini terbuat dari biasanya digunakan untuk pengganti beras. Penduduk di daerah pegunungan Gunung Kidul biasanya mengonsumsi makanan ini. Tiwul diproses dari singkong yang telah diberishkan kulitnya. Setelah itu dikeringkan dan dibuat tepung. Tiwul kering bentuk tepung ini kemudian dimasak seperti mengolah “nasi” untuk dimakan.
Tiwul hangat biasa disajikan bersama lauk pauk ikan asin, sambel bawang dan lalapan ataupun dengan parutan kelapa.


7. Cemplon

Cemplon dibuat dari singkong yang baru dicabut dari pohonnya. Singkong kemudian dibersihkan kulitnya lalu diparut. Hasil parutan singkong harus diperas dahulu agar berkurang kadar airnya baru dapat diolah ke tahap selanjutnya.
Cemplon yang telah diperas airnya ini kemudian dibentuk bulat dan diberi gula Jawa pada bagian tengahnya. Setelahnya tinggal digoreng hingga berubah kecoklatan.
Cemplon enak disajikan saat masih panas sebagai camilan pendamping minum teh.


8. Lemet

Lemet adalah olahan singkong yang lembut. Untuk mengolahnya pun tidak sulit. Hanya dibutuhkan singkong yang diparut ditambah parutan kelapa yang masih cukup muda. Kemudian dicampur dengan gula jawa yang juga telah dihaluskan. Agar lebih gurih, bisa ditambahkan juga dengan garam secukupnya.
Setelah semua bahan tercampur, bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang.


9. Tape

Kalau tape ini proses pembuatannya agak lama, karena harus melewati proses fermentasi dulu. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut. Cobain aja deh kalau mau tau rasanya.


10. Gatot

Gatot juga masakan Jawa Tengah dari singkong. Hampir sama seperti tiwul, gatot juga diolah dari singkong yang telah dikeringkan, tetapi tidak ditumbuk atau dibuat tepung.
Setelahnya singkong kering, kemudian dikukus hingga empuk atau lunak. Untuk penyajiannya, tinggal ditambahkan parutan kelapa dan gula dengan ditaburkan di atasnya.


Singkong memiliki berbagai manfaat. Beberapa diantaranya dapat melindungi dari infeksi, menjadikan tulang kuat, menormalkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan syaraf dan lain-lain.

About Hery Susanto

Berkecimpung di bidang komputer, pemrograman dan design grafis.

0 comments:

Post a Comment